Pusat Alokasikan Anggaran Rp300 M Bangun Jalan TransPapua 58 KM di Boven Digoel

Bupati Boven Digoel, Benediktus Tambonop

JAYAPURA,- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan  Rakyat (PUPR) tahun ini telah mengalokasikan anggaran lebih dari Rp300 miliar untuk membangun jalan transPapua sepanjang 58 kilo meter yang berada di Kabupaten Boven Digoel.

Bupati Boven Digoel, Benediktus Tambonop, kepada awak pers di Jayapura, Rabu (25/4) menyatakan pembangunan infrastruktur jalan sepanjang 58 kilo meter ini berdasarkan instruksi Presiden Joko Widodo yang harus diselesaikan tahun ini dengan target penyelesaian selama empat bulan.

"Jalan sepanjang 58 kilo meter ini terletak di antara wilayah kelapa sawit Distrik Jair dan tanah merah sebelum jembatan Distrik Mandobo," kata Bupati.

Adapun instruksi Presiden Jokowi ini secara langsung kepada Menteri PUPR Mochamad Basoeki Hadimoeljono ketika mengunjungi Kabupaten Boven Digoel belum lama ini.

"Bagi saya pribadi, kondisi jalan yang hendak dibangun oleh Kementerian PUPR ini memang tidak layak dan tidak sesuai dengan kualitas jalan pada umumnya," aku Bupati Benedictus.

Kondisi jalan tersebut sudah dilakukan pengerasan menggunakan beton, namun justru terjadi patahan dan penurunan bagian jalan sehingga tidak layak ketika dilewati kendaraan baik roda dua maupun empat.

"Sebenarnya dananya sudah ada, namun dihentikan pengerjaannya lalu mengganti kontraktor yang mengerjakannya karena hasil pembangunannya tidak sesuai dengan standar jalan pada umumnya," jelasnya

Benedictus memberikan apresiasi yang tinggi kepada Presiden Jokowi dan Menteri PUPR Mochamad Basoeki Hadimoeljono atas pembangunan jalan sepanjang 58 kilo meter tersebut, karena langsung ditindaklanjuti ketika didapati di lapangan.*