Persipura Bungkam Mitra Kukar, Tiga Pemain jadi Tumbal

Pelatih Persipura, Peter Butler (tengah) bersama Ian Louis Kabes saat menggelar konferensi pers usai laga kontra Mitra Kukar/Djarwo

JAYAPURA,- Persipura sanggup kembali ke puncak klasemen menggeser Persija, setelah memastikan kemenangan atas tamunya, Mitra Kukar, dengan skor 2-1 dalam laga pekan kelima Liga 1, Sabtu (21/4) di Stadion Mandala.

Sayang, raihan tiga poin tersebut justru harus memakan tumbal. Tiga pemain pilar Persipura kemungkinan harus absen di laga berikutnya. Tiga pemain tersebut yakni, Boaz Salossa dan Ricardo Salampessy yang ditarik keluar karena cedera yang kambuh. Sementara satu lagi ialah Gunansar Mandowen yang terkena kartu merah.

"Kita bermain di awal pertandingan dengan agak lambat, karena ada banyak masalah, Ricardo dan Boaz harus keluar  dan kemudian kita ganti formasi sedikit tetapi kita tetap unggul dua gol. Dan tadi ada satu dua kesempatan tapi kita fokus disiplin hingga selesai. Dan kita masuk ke babak kedua kita mulai lebih baik dan ciptakan banyak peluang," ujar Pelatih Persipura, Peter Butler dalam keterangan persnya usai laga.

Butler mengaku sedikit kecewa dengan hilangnya Gunansar di sisa lima menit akhir. Namun dirinya tetap senang dengan anak asuhnya yang berhasil memastikan poin penuh.

"Gunansar pemain yang berkualitas tapi dia harus keluar karena kartu merah. Meski begitu, saya senang sekali dengan pemain saya, tapi ada satu atau dua pemain harus belajar. Saya bangga sekali dengan permainan kita," ungkapnya.

Pelatih berkebangsaan Inggris ini juga tetap menaruh respek kepada tim lawan, mengingat kekecewaan dari Pelatih Mitra Kukar, Rafael Berges Martin yang kecewa dengan keputusan wasit yang mengeluarkan dua kartu merah, satu untuk Persipura dan satunya untuk pemain Mitra Kukar, Hendra Andi Bayauw.

"Kita melihat kekecewaaan dari pelatih mereka yang bereaksi atas kepemimpinan wasit. Kita memang menang tapi kita harus tetap respek dan menaruh hormat kepada tim lawan," ujarnya.

Sementara itu, gelandang andalan Persipura Ian Louis Kabes mengatakan, timnya sudah bermain bagus dan berhasil meraih tiga poin, meski sempat membuat banyak peluang yang gagal menjadi gol.

"Saya rasa kita sudah main bagus dan banyak peluang yang kita ciptakan tapi hanya dua gol yang kami ciptakan. Tapi kita bersyukur dengan tiga poin yang kita dapat. Di menit-menit akhir kita bisa kecolongan tapi kita berhasil menang," ujar Ian. *